Selasa, 29 Mei 2012

LAPORAN PANTAUAN HARIAN


Selasa - 29 Mei 2012

-          sekitar 54 orang tewas oleh brigade Assad di Hama, Homs dan pedesaan Aleppo dan Dar'a. selain itu, 36 tentara al-Assad tewas dalam bentrokan sporadis dengan tentara pembebasan Suriah (1) (2).

Mobilitas Lapangan
-          terjadi demonstrasi besar-besaran di seluruh wilayah Suriah; demonstrasi juga terjadi Jasr al-Tsughur, desa Alepesharia, Sawdah, Jobas, Kafr Ihamol, Hrbenosh dan Hac dan Alhbit di Idleb. Begitu juga di daerah perbukitan Kabbasin di pedesaan Damaskus. Tak hanya itu domontrasi massif juga terjadi di Aleppo University dan sejumlah daerah sekitar, sebagai bentuk protes keras terhadap pembantaian rezim Assad di Homs dan Hama' (1) (4).

-          Sebuah pemogokan umum terjadi di kota Aleppo sebagai protes atas pembantaian di Homs dan Hama (4).
-          Mogok masal juga terjadi pasar-pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya, pasar Midhat Pasha, toko-toko Perhiasan, pasar Albzoria, dan lapangan Hamidiya di Damaskus untuk memprotes pembantaian Hula (1) (2) (3).

Militer aktivitas
-          Bentrokan antara tentara pembebasan Suriah dan tentara al-Assad di Pedesaan Damaskus, mengakibatkan kematian dua orang dan melukai lebih dari 16 pasukan reguler (1) (2) (4).
-          Al-Assad membombardir daerah Homs dan daerah lainnya, juga menghancurkan Rumah Sakit Nasional di Hula (1).
-          Tentara pembebasan Suriah meluncurkan serangan terhadap pihak keamanan rezim Suriah di Hama, dan penembakan terus menerus mereka lakukan (1).
-          Pasukan keamanan menyerbu kota Aleppo dan pesawat Atareb dibom (1).
-          Adapun yang tewas setidaknya tiga perwira dan menghancurkan 19 alat peledak militer diledakkan setelah bus yang mereka tumpangi di jalan ke Aleppo Airport (1) (4).

Tidak ada komentar: