Jumat, 15 Maret 2013

Jum’at Ummah yang Satu, Simbol yang Satu, Perang yang Satu

Para pejuang pembebasan Suriah (Free Syrian Army/Jaysul Hurr) bersama para relawan kemanusiaan di dalam Suriah menjadikan hari Jum’at sebagai sarana memperkuat ukhuwah – lewat berbagai demonstrasi bertema khusus.

Ketika terjadi kebakaran di berbagai kamp pengungsian yang menewaskan sejumlah pengungsi Suriah, misalnya, mereka berdemonstrasi di hari Jum’at yang diberi nama “Jumat Kamp Pengungsian Maut.”
Beberapa bulan sebelumnya, ketika pesawat-pesawat tempur rezim Suriah merudal antrian penduduk yang kedinginan dan kelaparan di musim dingin saat hendak membeli roti, maka demonstrasi di hari Jum’at di beri nama “Jum’at Roti Berdarah.”


Jum’at 1 Maret 2013 kemarin adalah Jum’at ‘Ummah yang Satu, Bendera yang Satu (Suriah Merdeka), Perang yang Satu.” Ratusan demonstrasi dilakukan di berbagai titik di seluruh Suriah untuk menuntut dijatuhkannya rezim Basyar al-Assad yang telah menewaskan lebih dari 70 ribu orang rakyat, termasuk 5000 lebih anak-anak.

Demonstrasi-demonstrasi juga dimaksudkan untuk menjawab berbagai rumor yang disebarkan berbagai pihak seolah-olah para pejuang yang tergabung dalam berbagai brigade terpecah belah dan jalan sendiri-sendiri, serta tanpa dukungan rakyat.

Tim Sahabat Suriah menyaksikan sendiri di lapangan kerjasama para pejuang yang bekerja bahu-membahu menolong masyarakat, termasuk dengan membagikan roti di pagi hari yang dingin membeku.

Sudah berulangkali pula diumumkan berbagai brigade pejuang tentang persatuan di kalangan mereka, termasuk lewat video berikut yang menggambarkan dibentuknya batalion Fursan Huran di Damaskus pada Sabtu 2 Maret kemarin.

Tapi pada hari Jum’at yang sama kemarin, 1 Maret 2013, sebanyak 188 orang warga Suriah gugur dalam berbagai serangan di seluruh Suriah. Termasuk di antara para syuhada adalah 10 anak, 5 wanita dan 5 orang lainnya karena disiksa. Sebanyak 99 syuhada jatuh di Aleppo, termasuk 72 orang yang dieksekusi di Safirah; 59 syuhada di Damaskus dan kawasan pinggirannya; 11 di Idlib; 8 di Hama; 4 orang di Homs; 3 orang syuhada di Dara’a; 3 orang di Deir Ezzur dan 1 orang di Raqqah.

Jumlah orang yang luka-luka sudah tidak dapat dihitung.*
Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar

 http://hidayatullah.com

Tidak ada komentar: