Jumat, 15 Maret 2013

Pengungsi Suriah Mencapai 1 Juta Orang




Pengungsi Suriah yang meninggalkan negaranya guna menyelamatkan diri dari konflik bersenjata sudah mencapai 1 juta orang, kata lembaga urusan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Rabu (6/3/2013), seraya memperingatkan Suriah akan mengalami bencana besar.
Dilansir Associated Press, Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi Antonio Guterres mengatakan di Jenewa bahwa angka itu didapat dari petugasnya di lapangan yang berada di negara-negara tetangga Suriah yang menjadi tempat pengungsian warga dari perang sipil.
Angka tersebut belum termasuk pengungsi di dalam negeri Suriah dan ratusan pengungsi yang setiap hari melewati perbatasan dengan negara tetangga yang hingga kini terus mengalir. Populasi Suriah sendiri mencapai 22 juta jiwa.
Adrian Edwards, seorang jurubicara lembaga pengungsi PBB, mengatakan bahwa ratusan ribu pengungsi Suriah belum mendaftarkan dirinya sebagai pengungsi.
Sebagaimana diketahui, orang-orang yang terdaftar sebagai pengungsi memiliki hak-hak tertentu yang dijamin hukum internasional dan tidak akan dianggap pendatang ilegal oleh negara penampungnya.
Menurut Guterres, jumlah pengungsi Suriah tahun ini melonjak tajam. Mereka pergi ke negara seperti Turki, Libanon, Yordania, Iraq dan Mesir. Sejak Januari 2013, tidak kurang 400.000 orang menjadi pengungsi.
Di Libanon saja, saat ini PBB mencatat terdapat 300.000 warga Suriah yang mengungsi.
http://hidayatullah.

Tidak ada komentar: