Senin, 09 Januari 2012

22 Orang Tewas Demontrasi Terus Berlanjut di Suriah


Selasa, 10/1/2012 Aljazeera.net



Komite Umum Revolusi Suriah melaporkan, 22 orang terbunuh pada Senin oleh peluru tentara keamanan saat berlangsung demontrasi menuntut  turunya pemerintah di sejumlah  kota. Sementara mobil pemantau Liga Arab di Suriah terkena tembakan di kota Homs saat mereka kembali ke Damaskus.
Para aktivis mengabarkan, tentara keamanan menembakan senjata api berat atas dua tempat di Humaediyah dan Shabuniyah di Hama, juga terjadi penangkapan di Bukmal sebelah timur negara itu.
Para oposisi mengabarkan, diantara yang terbunuh terdapat 2 orang wanita, 1 anak kecil dan 3 orang tentara desertir, mereka menambahkan, 9 diantaranya meninggal karena disiksa.
Dalam kejadian ini, Komite Umum Revolusi Suriah melaporkan, bahwa distrik Madhoya di Reef, Damaskus, mengalami serangan artileri dari tank-tank tentara.
Terdapat  foto-foto konvoi tank yang berkumpul  Madhoya di internet yang disebarkan para aktivis  pada pagi hari tadi, yang dilengkapi dengan kendaraan lapis baja.
 Para Tentara menyerang sejumlah rumah di dua distrik Madhoya dan Zabdany pada malam hari dengan senjata berat dan mortir, yang menyebabkan terbunuhnya 4 orang dan melukai yang  lainya, sebagian mereka dalam kondisi kritis. Hal itu terjadi dalam bentrokan pasukan di wilayah itu dan mereka juga menyerang lingkungan masjid Al-Baraq.
Di kota Saraqib, Idlib, tank-tank menembakkan pelurunya secara beruntun atas Mufrik Tarnabah. Distrik Asyirah di Homs mendapat serangan senjata berat dan tentara keamanan menghancurkan 5 rumah, kata Komite Umum Revolusi Suriah.
Sementara itu, Kendaraan mobil Pemantau Liga Arab di Suriah terkena tembakan senjata api di kota Homs saat mereka kembali ke Damaskus. Tapi, tak ada seorang pun yang jadi korban hanya kendaraan mereka mogok.


 
 Salah satu mobil pemantau yang terkena tembakan hari ini di Homs.

Demonstrasi
Sementara itu, pada hari Senin, ribuan orang Suriah melakukan demonstrasi di sejumlah wilayah memprotes laporan Liga Arab tentang para pemantau di Suriah.

Para aktivis menyebarkan foto-foto rekaman demonstrasi di distrik Karnaz di Hama dan di distrik Khitab di wilayah itu.

Mereka juga menyebarkan rekaman foto-foto demonstrasi  mahasiswa di sebagian distrik-distrik Reef, Damaskus. Sementara Demonstrasi juga terjadi di beberapa daerah di Idlib di antaranya di kufruma dan di distrik-distrik Badir Zur dan Deera dan Haskah.

Di Kota Suwaida bersama kota-kota  yang  terkepung terjadi demonstrasi menuntut dicopotnya pemerintahan. Para aktivis melaporkan, sejumlah besar tentara keamanan dan Genk Syabiha menyerang para demonstran dan menahan sejumlah orang.

Di Deerzur tentara keamanan menyerang demonstrasi, mereka keluar berdemontrasi karena kedatangan rombongan para pemantau Liga Arab.
Seniman Kebebasan
Terhadap kasus Suriah ini, sejumlah seniman Suriah mengumumkan pendirian perkumpulan untuk mendukung revolusi rakyat Suriah, mereka mendirikan perkumpulan ini demi kebebasan.
Pemain drama Suriah Ramzi Syaqir, saat muktamar jurnalis di Tunis  membacakan pernyataan di pentas drama Kartago –dalam siaran pers pendirian perkumpulan itu.

Sejumlah besar seniman dan kreator Suriah menandatangani dalam laporan pers itu, diantara mereka terdapat seniman Mey Sakaf dan sutradara Hatsam Haqi dan Amal Huwaijah dan artis Fadwa Sulaeman.

Tidak ada komentar: