Senin, 30 Januari 2012

Lebih Dari 100 Orang Terbunuh di Suriah


Jumat 27/1/2012-5/3/1433

Dewan Umum Revolusi Suriah melaporkan, bahwa lebih dari 100 orang terbunuh pada hari jumat di tangan pasukan keamanan dan tentara Suriah di “empat ladang pembantaian” yang terjadi di empat wilayah di negara itu pada hari Jumat. “Demontrasi di berbagai tempat pada jumat yang membara” dengan slogan “Jumat Pembelaan Diri”.
Dewan itu mengatakan dalam penjelasannya, bahwa sejumlah korban yang terbunuh dalam aksi demontrasi hari ini naik menjadi 120 orang akibat tembakan pasukan keamanan dan tentara, diantara korban terdapat 6 anak-anak dan 4 wanita.
Dewan mengatakan dalam keterangannya tentang peristiwa “4 ladang pembantaian” hari jumat, Bahwa 38 orang terbunuh di Reef Damaskus, sedangkan di kota Hama 21 orang terbunuh dan di kota Deera tercatat 15 orang terbunuh.
Dewan itu mengatakan, 14 orang terbunuh di kota Halab, sedangkan di Homs 10 orang terbunuh di antara mereka ada 2 orang anak-anak dan satu wanita dan di Idlib 3 orang terbunuh.
Dalam berita terkini hari jumat,Komite Koordinasi Lokal melaporkan bahwa ada ledakan besar yang menggoncang Reef, Damaskus, bentrokan terjadi di daerah itu antara tentara Suriah dan tentara pembebasan.
Perkembangan lainnya, Komite itu melaporkan, 3 orang pasukan keamanan terbunuh setelah mereka menolak menembak para demonstran di Deera, pusat demonstrasi yang muncul sejak 15 Maret lalu.
Di sebelah utara negara itu, Komite Lokal melaporkan, bahwa pasukan keamanan Suriah melakukan operasi penggerebegan dan penahanan di distrik Raml selatan di Laziqiyah.
Beberapa waktu lalu, para aktivis Suriah melaporkan, bahwa pasukan pemerintah terlibat pembantaian di empat daerah yang berbeda di Homs, ketika melakukan pengeboman dengan meriam atas sejumlah rumah hingga menimpa penghuninya.
Terdengar suara beberapa ledakan terus-menerus berbarengan dengan tembakan peluru dari barikade milik tentara dan pasukan keamanan Suriah yang bertebaran di sejumlah distrik yang ada di Homs. Di antaranya di Baba Amr, Ghutah, Jab aljandali, Qushur, Karam Zaitun, Baba Suba, Deer Balabah, Bayadhah dan Baba Hud.
Di pihak lain, Komite Koordinasi Lokal melaporkan, bahwa pasukan keamanan menembakkan senjata api kepada demonstrasi di Masjid Attaqwa di Qabun pingggiran kota Damaskus, dan kepada para demonstran di distrik Medan Damaskus.
Bentrokan dan Bantuan
Di Reef Damaskus, terjadi bentrokan antara tentara pemerintah dan beberapa pasukan pembebasan Suriah yang membelot di sejumlah daerah provinsi, khususnya di Harsata dan Erben, sementara pemboman terus berlangsung di kota Hama disertai operasi penangkapan yang meluas.
Komite itu melaporkan, bahwa para demonstran luka-luka terkena tembakan pasukan keamanan di distrik Firdaus di kota Halab. Sedangkan sekitar 150 anggota penumpasan teroris tersebar di kota Jamiiyah di Halab.
 
Ribuan demonstran ikut serta dalam iring-iringan jenazah
di kota Duma dekat Damaskus
Di Kota Talbisah di provinsi Homs setelah munculnya demonstrasi besar pada malam hari, pasukan keamanan dan tentara menembakan senjata api dari senjata berat dan ringan untuk menakut-nakuti warga dan melarang mereka berkumpul, menurut laporan Komite Koordinasi Lokal.
Penambahan pasukan Suriah juga sampai di Deera selatan negara itu setelah terjadi bentrokan antara pasukan Suriah dan para tentara pembelot, di sana mulai terjadi operasi penangkapan.
Komite Koordinasi Lokal melaporkan, bahwa ditemukan 14 jenazah yang dilemparkan di 4 lokasi dari  kendaraan milik pasukan keamanan Suriah. 4 orang telah dikenali mereka yang ditahan sejak 2 hari lalu saat pengepungan kota Hama.
Di Kota itu terdengar suara ledakan dan tembakan terus-menerus berbarengan dengan mulainya demonstrasi di berbagai daerah di jembatan Mazarib, perusahaan air yang telah dikuasai, distrik Hamidiyah, distrik Qushur, DawarJub, jembatan al-Hadid.
Kamis Berdarah
Kamis kemarin adalah hari berdarah, ketika Persatuan Koordinator Revolusi Suriah melaporkan, bahwa 62 orang terbunuh di antaranya 35 orang di Homs. Para koordinator menyebarkan nama-nama korban diantaranya 11 anak-anak.
 
 Jatuhnya korban terus terjadi tetapi para demonstran terus melakukan aksinya.
Di pihak lain, para aktivis Oposisi Suriah melaporkan, bahwa demonstrasi sore bertolak dari sejumlah kota dan distrik di provinsi Deera. Mereka menyebarkan, foto-foto demonstrasi yang muncul di distrik Maliha Timur yang kembali menuntut lengsernya Pemerintah Presiden Bashar al-Asad. Juga terjadi di kota Homs yang distrik-distriknya mengalami operasi militer. Para demonstran menegaskan bahwa mereka terus maju dalam revolusi sampai pencopotan pemerintah terwujud.
Di Reef Damaskus, para aktivis melaporkan, munculnya demonstrasi sore di sejumlah distrik, mereka menyebarkan foto-foto demonstrasi di Zamlaka yang kembali menuntut turunnya Presiden Bashar al-Asad dan pemerintahannya, mereka juga meneriakan slogan kebebasan dan untuk kota Homs yang sebagian distriknya mengalami operasi keamanan.

Tidak ada komentar: