Jumat, 09 Maret 2012

63 Orang Terbunuh di Suriah dan pengepungan Idlib


Jumah, 9/3/2012-16/4/1433

Komite Koordinator Lokal mengatakan 63 orang terbunuh selama 24 jam yang lalu oleh tembakan pasukan keamanan dan tentara di Suriah. Sementara itu muncul ketakutan adanya pembantaian baru yang dilakukan pemerintah di Idlib dalam penambahan pasukan yang bertolak ke daerah itu.

Dewan Umum Revolusi Suriah mengatakan seseorang terbunuh oleh tembakan pasukan keamanan pada pagi hari Jumat di distrik KafrSusah di Damaskus. Sementara 44 orang yang terbunuh kemarin dihukum mati di distrik Jubir dekat distrik Baba Amr di Homs. Demikian juga satu keluarga terbunuh di distrik itu ketika terjadi hilangnya satu keluarga korban yang  terbunuh beberapa hari lalu, Dewan itu menjelaskan bahwa 4 orang terbunuh di Deerzur diantaranya seorang tentara yang berusaha membelot.


Dewan Umum mengatakan bahwa kota Hama hidup dalam penembakan sengit dan ledakan. Demikian juga pasukan keamanan mengepung distrik Halab dan menahan sejumlah besar pemuda di sana. Dewan juga menjelaskan terdengar 3 kali ledakan yang mirip suara bom di distrik Humaidiyah. Demikian juga ledakan besar di distrik Firdaus, juga pasukan membom Karnaz, Hayalen, Tarimisah, Jumlah, Syaikh Hadid, Kafr Hud,Lathaminah, dan Thayibatul Imam di sekitar Hama.

Kota Ataarib di sekitar Hama mengalami pengepungan dan pemboman selama 24 jam oleh pasukan keamanan pemerintah. Penjuru kota kemarin di jalan antara Atarib, kampung Hazanu dan Kulali mengalami bentrokan antara batalion bom alhaq dari tentara pembebasan Suriah dan pasukan pemerintah.

Pemboman tentara pemerintah dengan berbagai senjata atas sejumlah rumah, kendaraan dan yang lewat. Juga tersebar juga para sniper di atas atap gedung pemerintah, masjid dan larangan berjalan. Akses ke kota ditutup dengan sejumlah penghalang dan sekelilling kampung diblokade.

Jumlah korban terbunuh sejak mulainya pengepungan sekitar 20 orang, ditambah puluhan orang terluka yang tidak bisa mendapat pelayanan kesehatan.setelah itu lebih dari setengah penduduk kota itu mengungsi ke kampung terdekat.

Komite Koordinasi Lokal mengabarkan, pasukan keamanan menerapkan operasi penahanan di HAMAh sekitar Damaskus dan menahan lebih dari 50 pemuda.

Pemerintah Suriah memberhentikan pada hari Kamis seorang pengacara dan aktivis HAM Umar Qadroji di kota Homs,menurut laporan pemantau HAM Suriah.
 

Bantuan Suriah yang mengarah ke Idlib menyebabkan Ketakutan para aktivis terulangnya peristiwa di Homs.

Tidak ada komentar: