Senin, 19 Maret 2012

LAPORAN PEMANTAUAN HARIAN


UMAYYAH CENTER  UNTUK PENELITIAN  DAN PENGKAJIAN STRATEGIS

Jumat, 16 Maret 2012-23 Rabiutsani 1433

Pergerakan Lapangan
·      Syahid 91 orang saat Revolusi Suriah demi kebebasan dan kemuliaan memasuki tahun ke dua

·      Demonstrasi besar-besaran keluar dari distrik Nahrisyah dekat lapangan dan distrik Qudum dan Asali di Damaskus, dan di jalan Anthaqiya di Laziqiyah.

·      Munculnya demonstrasi besar-besaran di distrik Mufti dan Aziziyah di Haskah, di Qamisly di depan masjid Qasimu

·      Sebuah demonstrasi besar muncul dari Masjid Umayyah di Halab dan demonstrasi lainya menuju Benteng Halab  sebagai respon untuk menandingi aksi yang diselenggarakan oleh pihak berwenang atas Saadallah Jabiri, selain demonstrasi Singkat Telp diadakan juga di distrik Halab, di distrik Saifudaulah di kota Halab dan Universitas di Halab.


·      Para aktivis yang menebarkan selebaran revolusi di distrik  Barzeh, Jobar, mezze dan Qaboun dan Ruknudin, di penjuru Damaskus dan pedesaan, dan mendistribusikan bendera kemerdekaan, dan memblokade sejumlah jalan utama serta menyalakan api pada malam hari.

·      Dengan tema "Festival jalanan"  yang diadakan oleh"Yayasan Street" menampilkan seni revolusi dalam beragam acara  mulai dari kemarin, sampai 21 / Maret ini, perayaan itu termasuk menampilkan film dokumenter tentang Revolusi Suriah selama setahun dan akan ditampilkan di salah satu saluran berita secara langsung di  Suriah serta di arena ibu kota dunia, serta selama seminggu penuh dari 13 film yang mendokumentasikan revolusi dan gerakannya, serta jurnal hariannya.

·      Salah satu penyelenggara armada Kebebasan, mengomentari pemerintah Turki yang menghentikan konvoi karena khawatir akan keselamatan peserta: "Kalau begitu, kita mengadakan pembentukan sebuah delegasi yang terdiri dari pemuda Suriah sebagai penyeleggara, dan kami berkomunikasi dengan perwakilan dari tim Turki, yang pada gilirannya bernegosiasi dengan wakil dari pihak berwenang Suriah, yang dengan tegas menolak untuk menyeberangi perbatasan.

Aktivitas Militer
·      Tentara pembebasan Suriah menargetkan seorang colonel yang termasuk dalam konvoi militer di antara Damaskus dan Qunaithorah.

·      Bentrokan antara tentara pembebasan Suriah pasukan Asad di Kafrbathna dan Duma di Damaskus, berita penangkapan seorang Brigjen di pasukan Asad Naim Kholil Audah, dan tentara pembebasan memberikan tengat waktu kepada pemerintah Asad selama 3 hari untuk membebaskan 2 tahanan Duma dan jika tidak maka dia perwira itu akan dihukum mati.

·      DIstrik Jobar di Damaskus mengalami ledakan bertepatan dengan ledakan dan o penembakan di daerag Qobun, ledakan keras di di gerbang Mushola dan ledakan bom mobil di Barzah Damaskus, dan berita bentrokan antara tentara pembebasan Suriah dan pasukan Asad di semua distrik.

·      Pasukan Asad menyerbu distrik Sungai isyah di Damaskus dan menembakan peluru dengan massif kepada para demonstran untuk membubarkan mereka., juga ke sejumlah toko yang tutup karena mogok, juga memecahkan toko yang tutup serta menjarah isinya, menggeledah sejumlah rumah dalam operasi penangkapan sewenang-wenang, berita bentrokan di distrik itu yang disertai patroli pesawat perang.

·      Penembakan masif di distrik Qudum dan Asali di Damaskus, dan penembakan mesin BKC oleh batalion Asad di lapangan. Peembakan masif atas sejumlah rumah di Barzah di kota Duma  Damaskus dan di jalan al-Jala dan barikade Syaifuniyah dan operasi penyerbuan dan penghancuran toko di lapangan syuhada.

·      Batalion Asad membombardir distrik Rastan di Homs dengan puluhan bon dan menggunakan bom cahaya ketika membom distrik Qashir, lebih dari 20 korban tercatat diantara warga sipil mayoritas dalam kondisi parah di Rastan, sementara Qashir masih berada dalam blockade yang melumpuhkan yang menyebabkan ribuan keluarga mengungsi ke Negara tentangga.

·      Batalion Asad membom distrik Baba Saba dengan roket termal hingga menyebabkan api menyala, dan  dengan bom mortar hingga menyebabkan jatuhnya banyak korban meninggal dan luka-luka.

·   Tewasnya dua anggota batalion Asad di Homs, salah satunya petugas militer dan yang lainya seorang perwira berpangkat colonel.

·      4 orang syahid di Idlib mereka dalam perjalanan mobil saat pasukan Asad menembaki mereka  di jalan Maarat Nukman mereka bersikeras lewat di kampong Kafarya.

·      Ledakan mobil pasukan Asad di jalan tol di kota Ariha di Idlib hingga menyebabkan penumpangnya terbunuh. 

·      Pembelotan sejumlah militer bersama 3 kendaraan lapis baja di Idlib dilanjutkan dengan bentrokan dengan pasukan Asad.

·      Sejumlah orang jadi korban dalam pemboman pasukan Asad atas distrik Benteng Mudhiq di Hama yang terus berlangsung sejak beberap hari.

·      Syabihah dan Pasukan Asad menyerang para demonstran di Halab dan menembaki mereka  hingga menyebabkan syahid minimal  dua orang dan puluhan orang terluka.
·      Bentrokan terus berlangsung di sekitar benteng Halab antara tentara pembebasan Suriah dan Syabihah mereka menghancurkan toko-toko dan menyebar secara intensif di daerah itu dan mereka membawa pisau, pedang dan tongkat.

·      3 ribu demonstran dikepung di dalam masjid Umawi di Halab, pasukan Asad mengelilingi seluruh penjuru masjid, pengepungan itu disertai penembakan di lingkungan Syabu Bahrat, sampai tiba bantuan keamanan dan sejumlah bis besar untuk menahan para demonstran di dalam masjid.

·      Pasukan Asad membubarkan demonstrasi  di distrik Mufti dan Aziziyah di Haskah dengan tembakan.

·      Bentrokan sengit terjadi di kota Muhasan di Deerzur antara tentara pembebasan Suriah dan pasukan Asad, pasukan Asad menggunakan senjata mesin berat di sejumlah bom.

·      Pasukan Asad menggunakn tembakan untuk membubarkan demonstran di Laziqiyah dengan menggunakan bom suara yang diikuti penangkapan sengit di Laziqiyah, di Banyas, distrik Ibnu Khaldun setelah membubarkan demonstrasi di distrik yang sama.

·      Dewan Koordinator Nasional membatalkan seruan demonstrasi  di lapangan Hijaz di tengah Damaskus merayakan acara setahun revolusi kemulian setelah  pasukan dan Syabihah Asad menduduki lapangan itu.

Pergerakan Politik
·      Ketua Dewan Nasional Suriah Burhan Galion:  Kami tidak sedang menghadapi diktatot yang adil tetapi kami menghadapi rezim penindas rakyat Suriah akan tetapi hari ini rakyat Suriah telah merasakan kemerdekaan…pada waktunya nanti Rusia dan China akan terisolasi total dan keduanya terpaksa membuat konsesi.

·      Pengawas Umum Al-Ikhwanul Muslimin di Suriah Riyadh as-Syafaqoh mengatakan tentang Asad dan bapaknya: Keduanya dari satu benih, menggunakan satu cara yang licik dalam membunuh dan membantai dan berbuat kejahatan, rezim buas berbaju manusia…apa yang dilakukan  bapaknya dulu sama seperti  yang dilakukan anaknya sekarang, penjara yang dihancurkan dan Shoyadnaya adalah dua saksi atas peristiwa iniu, setiap pembantaian yang dilakukan rezim ini atas nama rakyat selama revolusi bertolak belakang dengan revolusi itu sendiri.

·      Anggota Dewan Nasional Ubaidah Nuhas menjelaskan pengunduran diri para anggota Dewan Nasional Suriah : pengunduran diri yang tengah  terjadi bukan karena perbedaan kerangka Dewan, perbedaan hanya atas sejumlah perkara, sekarang sedang terjadi peninjauan atas apa yang dibuat rekan-rekan dan menyelesaikan  sejumlah kesalahan, semuanya masih bekerja dari tempat kelahirannya sendiri; yaitu menghadapi rezim ini dan menumbangkannya…mereka yang mengundurkan diri dari Dewan itu akan tetap bekerja melawan Asad dan kami tinggal bekerja sama dengan mereka untuk sampai bersama rakyat menuju demokrasi.

·      Penasehat Politik tentara pembebasan Suriah  Bassam Dadah : tentara pembebasan Suriah mengucapkan terima kasih kepada sayyid Haitsam al-Malih atas sikap dan dukungannya…tetapi tentara pembebasan Suriah ingin dukungan ini-jika berhasil- melalui Dewan Nasional Suriah sebagai penyokong Nasional tentara pembebasan Suriah dan lembaga resmi yang diakui rakyat Suriah dan oleh Negara-negara internasional.

·      Front Amal Nasional untuk pembebasan Suriah menyerukan diadakannya konferensi Nasional pada malam diadakannya konferensi rekan-rekan Suriah kedua di Istanbul: kami menekankan penyatuan barisan dan mengaktifkan mekanisme, mengarahkan dan mendukung pekerjaan revolusi dengan berbagai cara.


Tidak ada komentar: