Senin, 19 Maret 2012

LAPORAN PEMANTAUAN HARIAN


UMAYYAH CENTER  UNTUK PENELITIAN  DAN PENGKAJIAN STRATEGIS

Sabtu 17 Maret 2012/24 Rabiutsani 1433
Pergerakan Lapangan
§  45 orang syahid di berbagai tempat di  Suriah, sebagian besar di provinsi Raqqa, termasuk dua pemuda tewas karena disiksa di samping empat anak dan seorang bayi yang menyusui dan dua tentara deserter
§  Ribuan demonstrans menentang Asad di distrik Meidan, Tadhomun, Hajar Aswad, Alasali, Qudum, Kafrsush, Qaboun, Barzeh, Zabadani, Ruknuddin, mezze, Abu Rumana, Alloan dan masjid an-Nadzir di belakang gedung perdana menteri di ibu kota Damaskus dan sekitarnya.
§  ribuan demonstrasi menentang singa di distrik Alsakhur , Marja, Syiar, SalahuDin, Sukari,Masyhad, Firdaus, Meridian, kebun istana dan AlKalas, Asyrafieh yang digambarkan sebagai demonstrasi"terbesar" dari kota Halab.
§  Ribuan demonstrasi menentang Asad muncul di kota-kota dan desa  Safirah, Andan, `Mare , Harikan dan penambahan  ke dua kota Albab  dan Manbej di pedesaan Halab.
§  Munculnya 26 demonstrasi oposisi  menentang Asad di distrik Saliba dan proyek Saliba, Ashrafieh, Sheikh Dahir, penjara, dan Aweyna, Taabiyat dan kebun Seedawi dan Raml Selatan, Alskantore dan kebun Guenins dan kebun Raihan di Ladzakiyah.
§  Demonstrasi menentang rezim di beberapa daerah dan sekitarnya di Hama, Ladzakia, Deir Zour dan sekitarnya dan Riqoh dan Qamishli di Hasakah.
§  Pemakaman seorang dibunuh oleh pasukan Assad pada Jumat pagi di Riqoh berubah menjadi demonstrasi besar  adalah demonstrasi pertama yang pernah ada  di kota itu , dan aktivis menculik sejumlah mayat , sementara mereka malakukan solidaritas di Masjid Agung di pusat kota untuk menunggu Sabtu berkabung.
Aktivitas Militer
§  Pasukan keamanan dikerahkan di sekitar ibukota, Damaskus, terutama di distrik Hamra, dekat DPR, bentrokan antara tentara pembebasan Suriah dan pasukan Assad  di daerah kebun Kafarsush di Damaskus.
§  Pasukan Assad memasuki Qaboun di pedesaan Damaskus dalam jumlah besar dengan beberapa kendaraan lapis baja, dan penembakan para demonstran di sekitar sungai Isyah, berita penembakan dan penangkapan sewenang-wenang di distrik Qudum, Hajar Aswad dan Alasali, dan menyerang demonstrasi di distrik Maza, dan penyerbuan ke kota Harasta dan kota Kanakr di pedesaan Damaskus.
§  Bentrokan antara batalion AlaFurqon bagian dari tentara pembebasan Suriah dengan pasukan Asad di antara dua distrik Artuz dan Madhomiyah di pedesaan Damaskus.
§  Operasi Tentara Pembebasan Suriah merupakan serangan patrol dan menargetkan konvoi militer tidak akan berhenti selamanya di Damaskus.

Tidak ada komentar: