Selasa, 27 Maret 2012

LAPORAN HARIAN



Pada hari Jumat 23 Maret 2012 dilaporkan 94 orang syahid oleh tembakan pasukan Asad kebanyakan mereka di provinsi Homs dan Idlib. Para aktivis oposisi Suriah mengangkat bendera revolusi Suriah sepanjang 60 kaki di atas gedung tinggi yang belum selesai dibangun di Kafrsusah Damaskus.

Bentrokan terjadi antara tentara pembebasan Suriah dan pasukan Asad di Qobun, Jobir di Damaskus, Harsata, Mudhomiyah, Arben dan Misroban di sekitar Damaskus. PAsukan Asad menggembur dengan pesawat perang dan meriam di pinggiran Harsata, Arben di sekitar Damaskus, mereka melakukan penembakan di Sayyidah Zainab di Damaskus.

Hari Sabtu dilaporkan 52 orang warga Suriah syahid dalam tema Jumat “kami Datang Wahai Damaskus” kebanyakan di Idlib. Munculnya demonstrasi menentang pemerintah di lapangan dan solidaritas Asali, KAfrsusah dan Hajar aswad di Damaskus, di Barjah, Yabrud, Artuz, Duma, Dawar Malihah, Arben, Harsata di Damaskus.

Munculnya sejumlah demonstrasi menentang Asad di kebanyakan kota di Deera seperti kota Al-Harak yang terisolasi sejak 25 hari, stasiun Deera, Inkhol, Kafrsyam, Namer, Ibtha, Yadudah, Harah, Musaifirah, Ghariah barat, distrik Ummu Walad, Aqrobah, dan Dail, disebutkan muncul dalam jumlah besar di Deera sejak tahun lalu.

Juru bicara Koordinator Halab mengatakan, mencul lebih dari 20 demonstran di Halab, y ang paling Nampak di distrik Solahuddin, Marjah, masakin Hanano, Sukari, Anshori, Firdaus, BUstan al-Qashr, Masyhad, Hamdaniyah, Furqon dan Halab baru.

Muncunya sejumlah demonstrasi menentang Asad di sejumlah tempat diantaranya di distrik Qushur, Arbain, distrik Muruk, Kafrzet di Hama. Juga Muncul sejumlah demonstrasi menentang Asad di Qomisyli, Ra’sul Ain, Malikiyah, Darbasiyah, Amuda di Haskah. Demikian juga terjadi demonstrasi ribuan warga Suriah menentang Asad di kota Homs, di sejumlah daerah pedesaan Homs diantaranya al-Holah.

Hari Ahad: dilaporkan 52 orang syahid pada hari Sabtu oleh  tembakan pasukan dan Syabihah Asad kebanyakan di Homs.Pasukan Asad secara masif membombardir sejumlah distrik Kholidiyah, Insyaat, Karmzaitun, Bayadhah di Homs oleh misil dan bom mortar, juga dengan tank kota Qoshir, dan pedesaan yang mengelilingnya di Homs, hanya berjarak dua menit bom pertama disusul oleh bom kedua hingga menyebabkan jatuhnya 3 korban warga sipil terbunuh dan lebih dari 10 orang terluka diantara mereka terdapat 2 anak kecil dan seorang perempuan. Tentara pembebasan Suriah menutup sejumlah distrik secara total di Homs dan menahan pasukan Asad memasukinya melalui perlawanan keras.

Pasukan Asad dengan sejumlah tank menyerbu kota Saraqib di provinsi Idlib, yang disertai peralatan militer berat, dan penggeledahan serta penangkapan, kata pemantau HAM Suriah. Pemboman terus terjadi di kota Khon Syaikhun di Idlib dengan senjata berat dan kendaraan lapis baja, pada saat sedang berlangsung pengepungan atas distrik Sarmin, di Idlib juga.

Anngota Dewan Nasional Suriah Muhammad Anad: Pilot Helikopter Militer yang membelot dari pemerintah Asad dan  yang membom gedung pasukan keamanan militer di Azaz Halab sekarang berada di daerah Turki.

Hari Senin dilaporkan 70 orang syahid oleh tembakan pasukan Asad kebanyakan mereka di Homs. Muncul sejumlah demonstrasi menentang Asad di distrik Jobir Damaskus, di sejumlah daerah di sekitar Halab, dan di sekitar Deera juga Idlib. Demikian juga muncul sejumlah demonstrasi menentang Asad pada malam hari khususnya di Duma sekitar daerah Damaskus.

Pasukan Asad kembali membombardir sejumlah kota dan distrik Homs, Halab, Idlib, dan Hama.Pasukan Asad juga membom Andan, Hurriyatan, Izaz di pedesaan Halab hingga menyebabkan syahidnya sejumlah warga, dan ribuan orang mengungsi dari kota dan desa mereka ke Turki karena takut operasi militer terjadi terus-menerus oleh pasukan Asad.

Syabihah berusaha membubarkan demonstrasi besar mahasiswa di Halab. Para aktivis di internet meegaskan kematian colonel Iyad Mandu kepala cabang intelejen udara oleh anggota tentara pembebasan Suriah dekat distrik Azlaniyah di pedesaan damaskus. Sekelompok tentara pembebasan Suriah menargetkan markas tentara militer dan keamanan Negara milik pemerintah Asad di kota Nabak di sekitar Damaskus oleh bom RBJ pada pagi hari.

Pasukan Asad membom kota Homs khususnya distrik Kholidiyah, Homs lama, Baba Hud, dan kota Qashir dekat perbatasan Lebanon hingga menyebabkan jatuhnya sejumlah korban di kota itu dan sejumlah penduduknya mengungsi ke desa-desa tetangga dan menuju arah Lebanon.

Berita pembelotan yang terjadi di pasukan kedokteran sebelah selatan Nawa Deera, pasukan Asad menyerbu nawa sejak waktu subuh pertama dan melakukan penggeledahan serara luas dan menyerbu sejumlah rumah kemudian membakar dan menghancurkanya.

Pasukan Asad menghancurkan jembatan Mahajjah di jalan Damaskus- Deera. Mereka melakukan operasi bengis atas sejumlah kota dan desa secara khusus daerah Lazzah yang diserang oleh sejumlah tank dan helicopter. Tentara pembebasan Suriah mengumumkan penghancuran 3 kendaraan lapis baja pasukan Asad dan membunuh 15 orang anggota syabihah. Kantor berita Suriah SANA menuduh Kelompok bersenjata menghancurkan jembatan Mahajjah di jalan Damaskus- Deera. Arf.umaya center.
  

Tidak ada komentar: