Jumat, 16 Maret 2012

LAPORAN PEMANTAUAN HARIAN


UMAYYAH CENTER UNTUK PENELITIAN DAN PENGKAJIAN STRATEGIS

Kamis, 15 Maret 2012/22 Rabiutsani 1433
Pergerakan Lapangan
Ø  25 orang Syahid kemarin di tangan batalion Asad di Suriah 

Ø  500 pengacara ikut aksi solidaritas bersama kota-kota yang berduka di Istana Adli di Halab, kemudian petugas kepolisian membubarkan paksa, para pengacara mendapat pukulan , para aktivis  mengungkapkan mereka dalam kondisi parah.

Ø  Demonstrasi masa pelajar di Qabun di daerah Damaskus, demonstrasi itu menuntut turunnya pemerintah di al-Mazah Damaskus juga.

Aktivitas Militer
§  Aktivis Suriah Rami Idlibi mengatakan, tentara pembebasan mengalami kekalahan telak dari tentara Suriah sebelum menarik diri dari kota itu. Para aktivis lainya mengatakan, para tentara deserter di Idlib tidak mendapatkan senjata berbeda dengan rekan mereka di distrik Baba Amr Homs yang mendapat bantuan  dari Lebanon Selatan yang masih bias bertahan di sana selama sebulan, kemudian terpaksa menarik diri sejak dua pecan lalu karena kehabisan perbekalan.


§  Anggota Biro Informasi Dewan Revolusi di Idlib Nuruddin al-Abdu mengatakan, Batalion Asad menguasai kota itu sejak waktu sore kemarin, dan masih terus melakukan operasi penggeledahan dan pemeriksaan di setiap rumah. Batalion Asad mengubah sejumlah sekolah menjadi markas militer dan menjadikan warga sipil sebagai perisai hidup untuk melindunginya dari serangan mendadak para deserter.

§  Batalion Asad membombardir kota Qashir di Homs untuk mencegah siapapun yang melarikan diri ke Lebanon, pemboman berulangkali terjadi atas Hulah di Homs.

§  Batalion Asad menerapkan operasi penggeledahan dan pengangkapan di distrik Ruknudin di Damaskus, di KafrBathna di sekitar Damaskus didukung oleh sejumlah tank, mobil yang dilengkapi senjata mesin, sedangkan para pemuda memblokade jalan umum di Jubir.

§  Batalion Asad mengepung kota Deera disertai penembakan senjata mesin berat yang menyebabkan jatuhya sejumlah syuhada dan yang terluka, juga mengepung Deera didukung oleh sejumlah tank dan kendaraan lapis baja, ditengah terjadinya bentrokan antara pasukan Asad dan tentara pembebasan Suriah di distrik sebelah barat itu, dan melakukan pengangkapan di kota Nawa.

§  Tentara Pemebebasan Suriah menangkap Komandan Batalion Asad di Duma reef Damaskus.

§  Bentrokan antara tentara pembebasan Suriah dan batalion Asad di putaran maut di Halab.

Pergerakan Politik
§   Syaikh Qabilah Al-Bakarah mengumumkan pembentukan faksi oposisi baru dibawah pimpinannya yang bermarkas di Istanbul dengan nama Faksi Pembebasan dan Pembangunan.

§   Oposisi Suriah Najati Thayaroh mengatakan Suriah terperosok ke dalam perang saudara dan hengkangnya Asad merupakan solusi tanpa ada perpecahan negara.

Situasi Dalam Negeri
§   Kantor Berita resmi Suriah SANA mengatakan, kelompok teroris melakukan pembantaian kemarin di distrik Karam Luz di Homs, yang menghasilkan 15 korban diantara mereka terdapat seorang wanita dan 7 anaknya. 

§   Para aktivis Suriah di Idlib mengatakan, pasukan keamanan melakukan pembantaian baru kemarin dan 16 mayat ditemukan di di Idlib umur mereka diperkirakan antara 19 dan 16  tahun.

§   Jaringan HAM Suriah melaporkan di sana terdapat 16 mayat korban yang jatuh pada hari Rabu mereka ada di rumah sakit Bulan Sabit Merah di Idlib.

§   Kesatuan Pertahanan Warga Sipil di Homs saat operasi penyisiran yang dilakukan pihak-pihak tertentu menemukan 4 mayat dari penggalian petugas kesehatan di distrik Usairah, dan mayat lainya juga ditemukan di sejumlah tempat masih di distrik itu, juga 12 mayat bertebaran di sejumlah rumah di distrik Nazihin, serta pembantaian masal yang menghasilkan 10 mayat yang hangus total yang berada di tanah pertanian yang terpencil di sebelah utara Usyairah dan di kuburan masal di distrik Usyairah.

§   Batalion Asad menculik 15 mayat orang-orang yang meniggal dalam pembantaian di distrik Karm Zaitun, hasil pembantaian di Karmzaitun dan Adawiyah dan distrik Usyairah mencapai 86 syuhada.

§   Batalion Asad menerapkan operasi penggeledahan dan pengangkapan serta pembakaran sejumlah rumah di dua desa; Babana dan Jankel di sekitar Ladzikiyah, sedangkan saluran komunikasi  terputus dari daerah itu dan para sniper bermarkas di atas sejumlah atap bangunan.

§   Di Deera 20 orang syahid sedikitnya diantaranya terdapat 7 anggota tentara Pembebasan Suriah dalam operasi penggerebegan dan penangkapan yang dilakukan batalion Asad  di distrik Arbain.

§   6 Orang jadi korban di Haksah diantara mereka terdapat seorang wanita akibat serangan batalion Asad atas para demonstran di distrik Guarion di pusat kota.

§   Anggota Dewan Umum Revolusi Suriah di Homs Hadi Al-Abullah mengatakan, terdapat puluhan mayat yang cacat dan terbakar di jalanan distrik Karm zaitun di Homs, pasukan tentara Suriah terlibat banyak dalam pembantaian di kota itu  yang belum terungkap.

§   Wartawan Inggris Ian Balack y ang memasuki Suriah setelah diberi visa oleh pemerintah mengatakan, Orang-orang hidup menderita dan ketakutan, warga Suriah mengatakan, mereka mengetahui bahwa pemerintah Asad telah berakhir tetapi menunggu waktu, sedangkan orang-orang takut terhadap harga…jelan-jalan semuanya ditutup dipenuhi barikade dan gedung-gedung pemerintah tidak mempunyai listrik.

§   Staf Tinggi PBB urusan pengungsi mengatakan, 230 ribu warga Suriah lari dari negaranya sejak setahun kemelut ini diantara mereka sekitar 30 ribu orang meninggalkan Negara itu.

§   Kementrian Luara Negeri Turki menyatakan bahwa 2 orang warganya hilang di Suriah. Juru bicara Kementrian Luar Negeri Saljuv Onal mengatakan, Kami terus melakukan komunikasi tingkat tinggi dengan pihak Suriah, akan tetapi telah kami sampaikan kepada  kedutaan Turki di Damaskus dan Konsulnya di Halab  agar melakukan investigasi dan bekerja untuk mengembalikan mereka berdua dalam keadaan selamat.

Aktivitas Organisasi Sipil
§   Komite Perlindungan Wartawan dalam laporannya pada hari Rabu mengatakan, 8 wartawan local dan internasional meninggal selama beroperasi di dalam negeri Suriah sejak bulan November, 5 di antara mereka minimal dalam kondisi pemerintah terlibat di dalamnya.

§   Laporan Organisasi Amnesti Internasional :Bentuk penyiksaan di Suriah telah sampai pada tingkat yang tidak ada sebelumnya sejak beberapa tahun ini, bila mengingat kezaliman yang melanda Negara itu sejak 70 dan 80 tahun pada abad yang lalu…berita-berita dan kesaksian yang dinyatakan mereka yang selamat dari korban penyiksaan yang menjadi bukti tambahan atas kejahatan yang dilakukan terhadap kemanusiaan di Suriah.

§   Pejabat PBB : Lebih dari 8000 orang terbunuh selama perlawanan yang dimulai setahun yang lalu terhadap Asad.

Sikap dan Gerakan Politik
§   Juru bicara Luar Negeri Suriah: Suriah menolak secara lisan tidak tertulis atas sejumlah usulan Anan, ketika Anan menyodorkan usulan tidak tertulis ketika bertukar pikiran dalam masalah ini.

§   Chanel CNN Amerika : Asad menolak pengakuan Kopi Anan sebagai perwakilan Liga Arab, ia hanya mengakui Anan sebagai bekas Ketua Umum PBB


Bangsa arab
§   Kementrian Luar Negeri Arab Saudi : Negaranya telah menutup kedutaanya di Damaskus dan telah menarik para diplomasi dan para pegawainya di sana.

§   Wakil Menteri Luar Negeri Saudi Ahmad bin Abdul Aziz dalam pidato  yang di sampaikan menggantikan wakil perdana menteri  Nayif bin Abdul Aziz: apa yang terjadi di Suriah tidak bisa diterima agama maupun hati nurani dan membuat kita getir sekali…saya meminta dengan seruan kepada Raja Abdullah bin Abdul Aziz sejak permulaan peristiwa di Suriah untuk menghentikan pertumpahan darah dan membunuh yang  tidak bersalah dan bekerja mewujudkan kasih saying dan persaudaraan sebagai ganti kekerasan dan perseteruan.

§   Sumber diplomasi Saudi mengabarkan bahwa Riyadh segera mulai membantu para pengungsi Suriah di Lebanon dan Turki.

§   Pejabat Irak menjelaskan kekhwatiran hilangnya sejumlah orang bersenjata dari Iran, Lebanon dan milisi Irak yang melindungi pemerintah Asad. Seorang pejabat Irak Zhofir al-Ani : Orang-orang Irak terlibat dalam kerja sama strategis yang kuat antara dua pemerintah penasehat Iran Khomenei dan Bashar al-Asad yang dan tampak dan diarahkan terhadap keamanan Negara bagi rakyat Suriah.

§   Ketua Umum LIga Arab Nabil Al-Araby mengatakan, sikap tentang Suriah cukup sulit, bola sekarang di mainkan Anan dialah yang menyatakan langkah selanjutnya.

Dunia Internasional
§   Presiden Amerika Barack Obama dalam konferensi Pers bersama tamunya perdana mentri Inggris David Cameron: kami telah membahas cara mendata kejahatan di Suriah sampai menyerahkan para pejabat itu demi keadilan sekalipun perlu waktu lama. Kami menjauhi campur tangan militer sedini mungkin dan menyeru Rusia  untuk bersikap bersama kami dalam menghadapi Asad. Perdana Menteri Inggris pada konferensi pers yang sama mengancam Asad: Tangan Undang-undang internasional cukup panjang dan ingatannya kuat, bila kekerasan terus terjadi campur tangan militer tidak bisa dihindari.

§   Juru bicara kementrian luar negeri Amerika Victoria Noland: kesenjangan antara dua sikap Rusia dan Amerika selama krisis Suriah agak berkurang.

§   Para pejabat Amerika dalam penjelasan atas penolakan pemerintah Bashar Asad atas usulan Anan : jawaban itu bukan positip tetapi sudah diperkirakan juga, dan tidak mencakup adanya isyarat pengunduran diri Asad dari pemerintah, atau pelanggaran pemerintah atas oposisi atau penarikan pasukan militer dari berbagai daerah kota.

§   Para diplomat : Pembicaraan antara sejumlah anggota tetap Dewan Keamanan terhenti, tetapi diperkirakan akan dipercepat lagi setelah ada berita dari Kofi Anan.

§   Koran Inggris Guardian berhasil mendapatkan surat-surat elektronik yang memuat lebih dari 3 ribu file rahasia yang berkenaan dengan Asad dan istrinya yang berisi informasi kegiatan keduanya, diantaranya Qatar menawarkan kepada Asad dan Istrinya untuk meninggalkan Suriah dan mengajukan permintaan suaka.

§   Organisasi non pemerintah dan organisasi Francis dan Suriah dan juga walikota paris menyerukan demonstrasi hari kamis ini di ibukota Francis mendukung rakyat Suriah dalam peringatan pertama perlawanan terhadap pemerintah Asad.

§   Belanda mengumumkan penutupan kedutaanya di Suriah karena bertambah buruknya situasi keamanan di sana.

§   Ketua Umum PBB Ban Ki Mon menyerukan Dewan Keamanan untuk bergerak segera menghentikan genangan darah di Suriah…tanggung jawab kekerasan menjadi suatu keharusan bagi pemerintah Suriah karena telah memulai kekerasan itu.

§   Staf Khusus PBB dan Liga Arab ke Suriah Kofi Anan menyodorkan hasil kunjungan pertamanya besok  di depan Dewan Keamanan Internasional

§   Staf China untuk Timur Tengah Chang Ming menjelaskan bahwa Peking dan LIga Arab sepakat pentingnya membuat solusi politik atas krisis Suriah.

§   Perdana Menteri China Win Ja Bao: Peking tidak mendukung pihak manapun dalam krisis Suriah, saya merasa sangat ngeri atas penderitaan rakyat Suriah.

§   Menteri Luar Negeri Rusia Sergio Lavrov menegaskan bahwa negaranya tidak mendukung Asad bahkan mendukung keadilan internasional dan hak rakyat Suriah dalam memilih demokrasi. Moskow menyesal karena Asad tidak mendengarkan nasehat Rusia soal penyeleseian krisis Suriah dan terlambat dalam melakukan reformasi, apa kami sodorkan kepada Suriah ialah senjata yang penting untuk melindungi keamanan bangsa.
Sumber:
1.      Koran Timur Tengah
2.      Koran Kehidupan London
3.      Koran Negara Kuwait
4.      Koran al-Quds al-Araby
5.      Koran Al-Mustaqbal Lebanon
6.      Koran al-Baats Suriah
7.      Reuters
8.      Kantor Berita Francis
9.      Al-Jazeerah Qatar
10.  Haartz Israel
11.  Washington Post
12.  Wall Street Journal Amerika
13.  Yodiot Ahronot Israel
14.  Guardian English
15.  Telegraph Inggris
16.  Rusia Today

Tidak ada komentar: