Rabu, 21 Maret 2012

Pinggiran Damaskus Dibombardir oleh Sejumlah Tank dan Pesawat


Rabu, 21/3/2012-28/4/1433

Para aktivis Suriah mengabarkan tentara Suriah membombardir dengan sejumlah tank dan pesawat daerah yang dekat dengan jalan internasional di Harsata di Damaskus. Menurut para aktivis pemboman itu dilanjutkan bentrokan antara tentara rezim suriah dan para anggota tentara pembebasan Suriah yang menyerang markas intelejen udara di kota itu. Peristiwa itu muncul sehari setelah terbunuhnya 60 orang  oleh tembakan  aparat keamanan dan tentara.

Para aktivis opisisi menegaskan bahwa dua pinggiran kota  besar di Damaskus dibombardir secara masif oleh bom tank dan pesawat udara pada hari Rabu Sebagai akibat serangan baru tentara pembebasan Syria  atas pasukan pendukung presiden Bashar Asad yang merebut wilayah tersebut dari para oposisi dua bulan yang lalu.

Para aktivis mengatakan bahwa bom mortir berat dan meriam anti pesawat mengenai dua kota pinggiran Harsata, dan Arben selama semalam dan helikobter tentara terdengar berputar di atas daerah pinggiran timur ibu kota.

60 orang  Terbunuh
Sementara itu, Dewan Umum Revolusi Suriah mengatakan bahwa 60 orang paling sedikit terbunuh kemarin oleh tembakan pasukan tentara dan keamanan, kebanyakan di Homs, Hama dan Idlib. Distrik Kholidiyah, Shofshaqah, Kampung Nazariyah, Rastan di Homs mengalami pemboman sengit oleh tentara pemerintah dan juga membom sejumlah d aerah di Hama dan sekitarnya diantaranya distrik Humaidiyah.

Dalam hasil laporan yang disampaikan Dewan Umum Revolusi, Jaringan HAM Suriah mengatakan pihaknya telah mendata nama sebanyak 45 orang terbunuh pada hari Selasa oleh penembakan dengan senjata berat dan operasi penyerbuan.

Jaringan HAM itu mengabarkan terbunuhnya 23 orang sedikitnya di Homs diantara mereka terdapat seorang anak perempuan dan ibunya, dan juga 5 orang di Damaskus, 3 di Hama , 2 di Deerzur, dan masing-masing 1 orang di Idlib, Halab, Laziqiyah dan Damaskus.

Pemboman dan Penyerbuan
Dewan Umum Revolusi Suriah dan Komite Koordinasi Lokal menegaskan sejumlah distrik di Homs Lama, KHolidiyah, Baba Siba, Bayadhah dan Shofshofah mengalami pemboman.Komite Koordinasi mengatakan bahwa tentara membombardir Baba Siba dengan misil panas hingga menyebabkan hancurnya sejumlah bangunan, korban tewas dan sejumlah penduduk terluka, juga pemboman serupa menimpa distrik Qushur.

Anggota Dewan Revolusi Suriah Walid Al-Faris telah menjelaskan pada Selasa lalu kepada al-Jazirah bahwa 4 orang paling sedikit terbunuh di distrik Kholidiyah setelah pemboman sengit atas distrik itu sejak pagi ini oleh bom mortar.Ia mengatakan kepulan asap menutup langit distrik itu karena hancurnya sejumlah rumah di dalamnya dan terbakarnya sejumlah mobil dan toko-toko.

Secara bersamaan, kota Rastan dan kampong Nizariyah mengalami pemboman senjata berat kata para aktivis. Operasi tentara Suriah juga mencakup sejumlah distrik di kota Hama, sejumlah kota, distrik dan pedesaan. Para aktivis mengatakan pemboman memfokuskan sejumlah distrik Humaidiyah, Syarqiyah, dan Masya, distrik Madhiq, kampong Hayalen, Karkat dan Tuwaini.
 
Pemboman paling brutal atas sejumlah kota Suriah yang terdapat tentara pembebasan Suriah.

Menurut sumber itu sendiri, sejumlah bom menargetkan benteng arkelogi al-Madhiq dan Gereja Ummu Zanar di Hama. Pemboman itu memaksa sejumlah keluarga mengungsi dari sejumlah desa, dan distrik yang dijadikan target meriam tank dan mortar.

Di lingkungan Idlib yang baru-baru ini dihancurkan oleh tentara Suriah, seorang pemuda gugur di kota Saraqib oleh peluru sniper kata para aktivis yang menjelaskan peledakan dan penembakan masif di distrik Thafs di Deera.

Komite Koordinasi Lokal mengatakan bahwa lebih dari 50 tentara membelot dari tentara pemerintah di Azaz Halab, mereka bergabung dengan tentara pembebasan Suriah.b Komite menambahkan bendera kebebasan Utara milik tentara pembebasan Suriah mengepung cabang pasukan keamanan militer di kota itu.

Deerzur
Para aktivis mengatakan para pejuang tentara pembebasan Suriah telah menarik diri pada hari Selasa dari kota Deerzur di timur Suriah setelah diserang tentara pemerintah yang memakan waktu dua hari untuk menduduki kembali sejumlah distrik utama di kota itu.

Laporan persatuan Komite Revolusi di Deerzur menyebutkan bahwa sejumlah tank telah memasuki sejumlah distrik Sakaniyah, khususnya di daerah Selatan dan Timur, sedangkan tentara pembebasan Suriah telah menarik diri untuk menghindari terjadinya pembantaian di antara warga sipil.

Seorang aktivis Usamah Mansur mengatakan bahwa tentara telah menyerbu kota itu dari empat arah dan terjadi bentrokan dalam waktu singkat dengan tentara pembelot. Para pejuang tentara pembebasan Suriah telah menarik diri dari distrik Baba Amr setelah mereka berjuang selama kurang lebiih sebulan menyerang tentara Suriah yang telah dimulai pada bulan Pebruari lalu, dan tentara pembebasan Suriah juga telah menarik diri dari Idlib setelah ada serangan hebat tentara Suriah.
 
Anggota Pasukan keamanan di distrik Mazah Damaskus setelah bentrokan terakhir.

Dalam laporan bersambung, Para aktivis mengatakan pasukan keamanan Suriah menyebar dengan masif pada hari Selasa di sejumlah daerah di Damaskus karena takut ada penyergapan baru oleh tentara pembebasan Suriah.

Para pejuang tentara pembebasan Suriah bentrok pada hari  Senin pagi dengan tentara pemerintah di distrik Mazah hingga menyebabkan sejumlah orang tewas dari dua pihak.

Seorang aktivis Abu Umar mengatakan bahwa di sana tersebar pasukan keamanan secara masif di sekitar lapangan Abbasiyah, sementara jalan-jalan di sekitar lapangan itu ditutup dipenuhi barikade untuk menutup akses jalan ke markas keamanan.

Pemantau HAM Suriah menjelaskan adanya  penembakan di distrik Qobun, dan Barzah di Damaskus, para aktivis menyebutkan adanya sejumlah operasi keamanan di Duma, Dhamir, dan sejumlah tempat lainya di sekitar Damaskus.arf aljazirah.net

Tidak ada komentar: