Kamis, 02 Februari 2012

17 Orang Terbunuh dan Konvoi Militer di Zabdani


Aljazerah, Kamis, 2/2/2012-11/3/1433

Dewan Umum Revolusi Suriah mengabarkan, bahwa 17 orang terbunuh pada Kamis oleh tembakan pasukan keamanan. Sementara itu para aktivis mengabarkan bahwa konvoi militer berkumpul di sekitar daerah Zabdani Reef Damaskus kemungkinan sebagai persiapan operasi penyerangan.
Menurut dewan itu, 4 orang terbunuh di Deeera, 3 di Homs, Halab dan Idlib, serta 1 orang di setiap Qunaitirah, Hama, Reef Damaskus dan Riqah.


Para pemantau HAM Suriah juga menginformasikan, bahwa pasukan keamanan pada Rabu kemarin melakukan hukuman mati seorang aktivis di Reef Damaskus dan jasadnya di lemparkan di depan dua anak dan istrinya, pemantau menuntut pembentukan komite independen untuk menginvestigasi kematiannya.
Komite Koordinasi Lokal menyatakan adanya sejumlah korban yang terluka saat terjadi bentrokan pasukan tentara pemerintah dengan tentara pembebasan di distrik Jizah provinsi Deera.
Komite itu menambahkan, bahwa kendaran lapis baja tersebar di dalam distrik itu yang berusaha mengepung dari empat  akses jalan pada pagi hari ini dan penembakan dari senjata anti udara dalam kondisi terputusnya listrik dan komunikasi.


Bantuan di Deera


Deera juga, para aktivis mengabarkan, bahwa bantuan pasukan keamanan memasuki distrik Jizah dan Musaifirah saat penembakan sengit berlangsung. Mereka mengatakan, pasukan keamanan melakukan operasi penangkapan di daerah Jasim.
Pemantau HAM Suriah menyebutkan, mereka yang ditangkap di Jasim dipindahkan ke basement rumah sakit Nasional lalu mereka mendapatkan siksaan.
Di Idlib, para aktivis menceritakan bentrokan sengit antara pasukan pemerintah dan tentara pembebasan di Sarjah, serta pemboman sengit yang menargetkan kampung Baida di Jabal Zawiyah.
Para aktivis mengabarkan, bahwa konvoi militer berkumpul di sekitar daerah  Zabdani Reef Damaskus sebagai persiapan operasi pengepungan/penyerangan.
Dewan Revolusi Suriah menyebutkan, bahwa pasukan keamanan menggerebek sejumlah rumah dan menahan para aktivis, menjarah, dan menghancurkannya di Muzhamiyah Reef Damaskus.
Sumber itu sendiri menyatakan, bahwa seruan bantuan muncul dari warga distrik Rifa’I Homs karena serangan sejumlah besar Syabiha atas distrik itu dan mengakibatkan jatuhnya korban luka dalam jumlah besar.


Tentara pembebasan


Pihak tentara pembebasan mengatakan, bahwa mereka telah  menghancurkan dua mobil tentara Suriah dekat distrik KafrUwaid di provinsi Idlib dan Wad Bardi Reef Damaskus. Juga dapat menguasai kendaraan ketiga.
Sebaliknya, Sumber Pemerintah Suriah menyebutkan laporan penegasan militer yang dapat mengalahkan “kelompok bersenjata” yang tersebar lebih dari satu tempat di Suriah dan daerah-daerah lainya yang  tidak jauh dari ibukota lebih dari 15 km seperti Duma yang menghasilkan nilai positip, menurut laporan itu.
Sumber itu menambahkan, bahwa telah berlangsung pembersihan setiap kampung/distrik Reef Damaskus kurang lebih 15 dan 20 km dari Ibukota, dan telah telah terjadi kontak langsung dengan kelompok bersenjata di daerah Idlib dekat perbatasan Turki.   

Tidak ada komentar: