Selasa, 21 Februari 2012

Korban Tewas di Suriah dan Tentara Berpatroli di Distrik-Distrik Damaskus


Senin, 20/2/2012-28/3/1433


 
Pemerintah Suriah takut demonstrasi mencapai Ibu kota

Para aktivis Suriah mengabarkan, 27 orang tewas selama 24 jam lalu kebanyakan di Idlib dan Homs diantara mereka terdapat hakim, pengacara dan dokter.Sementara di Damaskus tersebar pasukan keamanan dan militer secara masif untuk mengantisifasi aksi demo dan pembangkangan rakyat yang lebih luas.  

Dewan Umum Revolusi Suriah dan Komite Koordinasi menjelaskan di antara korban tewas di Idlib terdapat Jaksa Agung di daerah itu Nidhal Ghozal dan Hakim Muhamad Ziyadah, seorang pengacara dan seorang dokter serta  3 orang dari satu keluarga. 

Para aktivis dan rezim Suriah saling tuduh dalam kasus terbunuhnya Jaksa Agung dan seorang Hakim. Rezim penguasa menyandarkan 2 peristiwa pembunuhan kepada kelompok bersenjata sedangkan para aktivis menuduh rezim penguasa cuci tangan atas peristiwa itu.

Seorang aktivis Alaudin alyusuf mengatakan kepada al-Jazerah bahwa Jaksa Agung dan seorang Hakim terbunuh di dalam ruang keamanan di Idlib, setelah terbongkar keterlibatan mereka dalam aktivitas berkaitan dengan pembelotan dari rezim penguasa.

Pemboman Baba Amer meninggalkan sejumlah korban tewas dan luka-luka

Masih Idlib, Komite Koordinasi melaporkan patroli dan penggerebegan tentara terhadap kampung-kampung yang terletak di perbatasan Turki.

Berkaitan dengan itu, tentara Suriah terus membombardir distrik-distrik Baba Amr dan Baba Suba serta Karm Zaitun di kota Homs, hingga jatuh sejumlah korban tewas dan luka-luka di antara mereka seorang petugas medis dari Bulan Sabit Merah.

Para aktivis menggambarkan kondisi kemanusiaan di Baba Amr sebagai tragedi bencana, mereka menjelaskan para warga mengumpulkan air hujan ketika terputusnya air dari kota itu.
Pasukan keamanan juga melakukan penahanan di Haksah, Ladziqiyah, Damaskus dan Hama, sementara Komite Koordinasi  Lokal menyebutkan kota Atarib di provinsi Halab hidup terisolir total serta terputusnya semua saluran komunikasi.

Di pihak lain, kantor berita resmi Suriah  mengatakan, para kelompok bersenjata menembak bis penumpang  antara dua kampung Kafr thun dan Tel Sikin di Reef Hama, hingga menyebabkan tewasnya 4 orang di antaranya seorang pelajar. Sumber itu menyebutkan bahwa pasukan keamanan menangkap orang-orang bersenjata  di distrik Baba Qabli di Hama dan membunuh 3 orang.

Kantor berita Suriah juga menyebutkan bahwa operasi penggerebegan di Saqba, Hamuriah, Irbin, Kafr Batna Reef Damaskus, mengakibatkan ditahannya orang-orang bersenjata dan merampas banyak senjata.

Aksi Pembangkangan

Bertepatan dengan operasi militer dan keamanan di provinsi itu,tentara dan pasukan keamanan Suriah berpatroli di sejumlah distrik di Damaskus untuk mencegah munculnya demonstrasi tambahan anti rezim, setelah demonstrasi besar yang terjadi di distrik Mazah Qarib di antara tempat strategis di antara istana presiden.  
 
Demonstrasi muncul hari Ahad di Distrik Qudum Damaskus.


Pasukan besar tersebar di Mazah  dan memaksa seorang keluarga aktivis Samir al-Khatib (34 thn)- yang terbunuh dalam aksi protes kemarin- dikuburkan pada dini hari untuk mengubah waktu yang diumumkan setelah jam 10 pagi.

Pasukan Suriah juga melakukan blokade atas distrik-distrik lainya yang dianggap sebagai kantong-kantong aksi demo di Damaskus seperti Qudum, Mayadin dan Jubir.aljazerah.arif
Seorang aktivis, Muhammad al-Syami mengatakan kepada kantor berita Francis, bahwa sebagiam besar tempat perdagangan tutup di al-Mazah, Kafr Susah, Jubir dan Qabun, memenuhi ajakan pembangkangan warga sipil di ibukota yang disebutkan para aktivis.

Para aktivis memperkirakan munculnya demonstrasi besar karena memenuhi seruan pembangkangan karena menangguhkan pembatasan keamanan tidak boleh kecuali demo terbatas. Sementara itu demonstrasi muncul sore hari dekat dengan cabang keamanan pidana di distrik Meidan dan yang lainya di distrik Qudum sesuai dengan gambar foto yang ada di Internet. 

Para aktivis menyebarkan gambar-gambar demonstrasi sore lainnya di Dariya, Mulihah dan Yabrud di Reef Damaskus, di distrik Humaidiyah di Hama, Dail di Deera, Kafr Nabal di Idlib , Bookmal di Deerzur, distrik Qushur dan Haulah di Homs serta Amuda di Haksah dan Riqoh.

Demonstrasi juga muncul di Jauroh Deerzur, sementara pasukan keamanan menembak demonstrasi lainya di distrik Humaidiyah di kota itu sendiri menurut para aktivis. Para aktivis menyebarkan pada waktu lalu foto-foto demonstrasi di daerah-daerah Idlib di antaranya Jarjanaz, Kafr Nabal dan Atman di Deera.

Tidak ada komentar: